Detil artikel

Manfaat dan Jenis Pelayanan Home Care Kesehatan

04-04-2023, 05:54:21 am

Manfaat dan Jenis Pelayanan Home Care Kesehatan

Sudah tahukah anda bahwa jasa perawatan home care memang sudah banyak digunakan di negara-negara yang maju dan berkembang, seperti Indonesia. Pelayanan ini akan mengandalkan perawat yang siap menjalankan proses layanan di rumah bersama dengan pengidap suatu penyakit tertentu, pengidap luka bakar atau luka berat, pengidap yang harus melakukan pemulihan pasca operasi yang dilakukan, ibu yang baru menjalani persalinan atau bahkan bayi yang baru lahir atau dengan melakukan chat dokter gratis. Pelayanan yang dilakukan tergantung pada kontrak dan perjanjian yang sudah dibuat dari kedua belah pihak.

Apa yang Dimaksud dengan Home Care? 

Home health care adalah fasilitas pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh tenaga medis di rumah pasien namun dengan pengawasan secara langsung dari dokter. Layanan ini mencakup keperawatan seperti vaksinasi, fisioterapi atau kebutuhan Kesehatan lainnya. Home health care tidak hanya terbatas pada pelayanan medis saja namun bisa juga untuk membantu aktivitas pasien sehari-hari seperti makanan sehat atau pemantauan terhadap obat-obatan yang dikonsumsi oleh pasien. 

Pelayanan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien baik secara individu ataupun keluarga. Home health care bisa disediakan, direncanakan dan dikoordinasikan oleh rumah sakit atau jasa pembeli layanan. Tujuannya yaitu mengoptimalkan kondisi pasien serta mendampingi pasien selama rawat jalan di rumah sehingga pasien tidak perlu melakukan perawatan jangka panjang di rumah sakit serta meningkatkan fungsi tubuh dan kualitas hidup pasien. 

Apa Manfaat Home Care? 

Menggunakan layanan home health care sangat tepat dilakukan saat pasien telah diizinkan untuk pulang ke rumah atau menjalani rawat jalan tanpa harus menginap di rumah sakit. 

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan home health care: 

1. Biaya yang Lebih Terjangkau 

Tidak ada lagi biaya menyewa ruangan di rumah sakit, tidak ada lagi transportasi untuk pergi pulang menjenguk pasien di rumah sakit dan tidak ada lagi biaya konsumsi serta tindakan yang membutuhkan biaya di rumah sakit. Menggunakan layanan home health care jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan layanan di rumah sakit untuk pasien yang sudah diizinkan untuk menjalani rawat jalan. Harga layanan home health care saat ini semakin bersaing dan pelayanannya pun tidak kalah baik dengan perawat yang ada di rumah sakit. 

2. Mengurangi Beban Keluarga dalam Merawat 

Merawat orang sakit membutuhkan kesabaran dan keuletan agar pasien segera sembuh dan kembali beraktifitas seperti biasa. Tetapi jika hanya ada beberapa saja anggota keluarga yang bisa merawat pasien di rumah, anda tentunya akan merasa kerepotan. Belum ditambah dengan pekerjaan yang harus dilakukan. 

Menggunakan layanan home health care bisa menjadi solusi bagi anda yang tidak dapat merawat orang sakit terus menerus. Perawat  home health care yang akan menggantikan anda dalam merawat di rumah. Perawat bisa tinggal secara live-in 24 jam bersama dengan pasien serta mendapatkan surat dokter untuk keperluan pasien atau hanya datang ke rumah ketika jam perawatan pasien. 

3. Mendapatkan Informasi Kesehatan Pasien Secara Aktual 

Dengan menggunakan layanan ini mendukung Konsultasi Dokter Gratis, Anda bisa mengetahui dengan cepat dan tepat tentang perkembangan informasi kesehatan pasien di rumah saat anda tidak ada di rumah sekalipun. Hal ini dikarenakan perawat akan tinggal di rumah pasien serta mengikuti aktivitas dilakukan oleh pasien itu sendiri. Seperti saat pasien tidur maka perawat bisa istirahat, saat pasien bangun maka perawat telah berada di dekat pasien. Selain itu, perawat akan mengecek tanda-tanda vital secara berkala seperti tensi, detak jantung dan sebagainya untuk mengetahui keadaan Kesehatan pasien secara tepat.

Perawatan Home Care Apa Saja? 

NoJenis Layanan Home Health Care
1Layanan perawatan lansia 
2Layanan perawatan luka 
3Layanan perawatan pendamping 
4Layanan perawatan pasca operasi 
5Layanan perawatan untuk bayi 

4. Ada di Dekat Keluarga 

Kelebihan layanan ini yaitu pasien tetap bisa berada di dekat keluarganya. Sebagaimana kita tahu, bahwa sebaik apapun fasilitas di rumah sakit, pasien tetap bisa merasakan kesepian karena meninggalkan rumah dan keluarga mereka. Sekalipun sudah ada kesempatan bagi keluarga untuk menjenguk pasien, keluarga tetap saja tidak bisa selama 24 jam berada di sisi mereka. Layanan home health care dapat menjadi solusi untuk pasien yang tidak ingin rawat inap di rumah sakit. 

Mereka bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari dokter dan tenaga Kesehatan yang ada dalam layanan homecare, tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan demikian mereka akan tetap bisa berada dekat dengan keluarga dan bahkan keluarga dapat menemani mereka setiap harinya. 

Layanan home care dapat dikatakan merupakan solusi bagi pasien yang tidak ingin menjalani rawat inap di rumah sakit. Meskipun demikian, pasien tetap bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari dokter serta tenaga Kesehatan. Jadi pasien tetap bisa berada dekat dengan keluarga dan bahkan keluarga bisa menemani mereka setiap hari. 

Perhatian dari keluarga bisa menjadi dukungan positif bagi pasien sehingga keinginan mereka untuk sembuh akan semakin kuat. Ini tentunya akan mempercepat proses pemulihan khususnya bagi pasien lansia yang mengalami gangguan progresif seperti demensia. Perawatan medis yang memadai tentunya juga harus tetap didapatkan dari layanan home health care. Keberadaan keluarga juga dapat menjadi dorongan untuk mereka ingin segera sembuh. 

5. Hemat Waktu 

Kelebihan lain dari layanan ini adalah hemat waktu. Jika pasien dirawat di rumah maka keluarga bisa memantau keadaan pasien dengan cermat. Setiap ada perubahan dari keadaan pasien, mereka bisa segera menghubungi dokter layanan atau melakukan tindakan preventif yang sudah diinstruksikan oleh dokter sebelumnya. 

Dengan demikian, anda dan keluarga tidak perlu buang waktu untuk menjenguk atau menunggu pasien setiap hari. Anda bisa punya lebih banyak waktu bersama dengan keluarga sambil memantau Kesehatan pasien di rumah. 

Bahkan akan lebih baik jika layanan homecare dipadukan dengan perawatan pribadi dari fasilitas kesehatan. Dengan adanya tenaga Kesehatan yang mendampingi maka tindakan pertolongan pertama bisa dilakukan sambil menunggu datangnya dokter layanan home health care. 

6. Nyaman di Rumah

Layanan home health care akan membuat pasien merasa lebih nyaman kalau dibandingkan saat dirawat di rumah sakit. Selain karena dekat keluarga, mereka juga lebih nyaman di lingkungan yang dikenal ketika perawatan. Jika merasa akrab dengan lingkungan perawatan pasien akan merasa lebih nyaman untuk mengembalikan vitalitas tubuh di rumah dibandingkan dengan ketika berada di rumah sakit. 

Selain karena dekat dengan keluarga, mereka juga merasa lebih nyaman berada di lingkungan yang dikenal saat melakukan perawatan. Segala kebutuhan mereka pun akan bisa terpenuhi. Hal ini bisa dilakukan tanpa harus bolak balik dari rumah sakit ke rumah untuk mengambil barang yang diperlukan. 

Mereka pun bisa selalu meminta bantuan anggota keluarga yang saat itu ada di rumah untuk kebutuhan mereka. Ini menjadikan pasien lebih leluasa dan nyaman dalam proses perawatan kesehatannya. 

Ingin mendapatkan layanan home care yang mudah, aman, dan nyaman? Sehat Cepat adalah pilihan yang tepat untuk Anda! Kami menawarkan layanan home care dengan dukungan tenaga kesehatan yang tersertifikasi dan terlatih, seperti dokter, perawat, bidan, dan caregiver. Layanan ini tersedia selama 24 jam dan cakupannya sangat luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelayanan yang Anda butuhkan. Kami juga menyediakan alat medis yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda seperti surat izin dokter dan banyak lagi. Dengan layanan home care dari Sehat Cepat, Anda bisa lebih fokus pada pemulihan kesehatan Anda tanpa perlu repot-repot untuk keluar rumah. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang dan nikmati kenyamanan serta keamanan layanan home care kami!

FAQ 

Siapa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan home care?

-Pasien yang memerlukan perawatan kesehatan di rumah dan tidak dapat pergi ke fasilitas kesehatan, seperti orang yang baru pulang dari rumah sakit, lansia yang mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, atau pasien dengan kondisi medis yang memerlukan pengawasan ketat.

Bagaimana cara memesan layanan home care?

-Anda dapat memesan layanan home care melalui agen perawatan kesehatan atau dokter Anda. Anda juga dapat mencari agen home care terdekat melalui internet atau media sosial.